Follow me on Twitter RSS FEED

Final Euro 2012 di Mangkuk Rp 6,9 Triliun

Posted in


Ukraina sebagai salah satu tuan rumah Piala Eropa (Euro) 2012, selain Polandia, mencoba menepis keraguan publik. Di tengah krisis finansial di Eropa, mereka membanggakan diri siap menggelar partai final Euro 2012 di stadion berbentuk mangkuk dengan nilai renovasi mencapai 585 juta euro (sekitar Rp 6,9 triliun).


Itulah Stadion Olimpiade Kiev atau Stadion NSC Olimpiyskiy. Stadion dengan kapasitas70.000 tempat duduk itu, Sabtu (8/10/2011) malam, dibuka kembali setelah direnovasi selama tiga tahun. Pembukaan kembali itu menghadirkan penyanyi Shakira yang populer dengan lagu "Waka Waka" untuk Piala Dunia 2010, bersama Presiden Ukraina Viktor Yanukovich.



Sebelumnya, banyak publik meragukan kesiapan Ukraina dan Polandia dalam menggelar Piala Eropa 2012. Namun, selesainya Stadion Viktor Yanukovich menjadi satu jawaban besar dan tegas bahwa Ukraina dan Polandia, sebagai negara Eropa Timur, siap menjadi tuan rumah yang baik seperti halnya negara-negara Eropa Barat.



"Dengan stadion ini, Ukraina akan mengorganisasi Piala Eropa 2012," kata Viktor Yanukovich.

Presiden yang sedang kehilangan popularitasnya karena tuduhan korupsi itu sempat diolok-olok sebagian massa. Namun, akhirnya kemegahan stadion itu membuat publik melupakan persoalan internal, merayakan bersama kebanggaan mereka.
Apalagi setelah Shakira tampil menyanyikan lagu "Waka Waka", publik semakin larut dalam kegembiraan, ditingkahi letupan-letupan kembang api yang selama 40 menit melukis langit Kiev, Ukraina.


Presiden Federasi Sepak Bola Ukraina Hryhoriy Surkis mengatakan, "Stadion ini merupakan hadiah ulang tahun bagi tempat yang melahirkan Pelatih Valeriy Lobanovskiy dan Dinamo Kiev," katanya yang langsung disambut sorak-sorai publik.


"Stadion ini telah direnovasi dengan standar tertinggi. Ini akan menjadi salah satu dari 10 stadion terbaik di Eropa. Ini stadion dengan teknologi terakhir yang mampu menjadi tempat kejuaraan besar, tak hanya Piala Eropa, tetapi juga atletik," tambahnya.


Renovasi stadion ini dimulai pada Desember 2008. Lima pertandingan Euro 2012, termasuk partai final, akan digelar di sini. Timnas Ukraina akan menjajal stadion ini dalam pertandingan persahabatan melawan Jerman pada 11 November 2011.

0 komentar:

Posting Komentar